11 Oct 2012

Komodo National Park, Flores

Rasanya gaya banget baru nyampe dari jepang belum ada 5 hari di bali uda terbang lagi ke Flores (Labuan Bajo). Beruntung punya orang tua yang ga shock dengan kelakuan anaknya yang kesan-nya ga betah di rumah. Ya harusnya sih ga shock secara tiket ke jepang uda di beli dari tahun lalu dan rencana ke flores juga uda di ajukan berpuluh2 bulan yang lalu. Akhirnya hidup miskin selama di jepang, sok diet sok kere selama di jepang berhasil nyisain cukup uang untuk hidup di flores selama 7 hari, dan gak main-main uang yang harus dikeluarin, karena ini bukan perjalanan biasa, tapi NAIK LEVEL DIVING SEKALIGUS LIBURAN TERAKHIR SEBELUM AKHIRNYA MASUK KULIAH DAN MAGANG ah tidak aroma-aroma 3 bulan liburan uda berakhir.
Bahagia nya bukan main waktu tau pesawat yang kita naikin ini pake baling-baling. Bawaan cuma 1 ransel ukuran kecil jadi gak perlu pake bagasi dan terbanglah aku dan sarah ke labuan bajo. Perjalanan pake wings air yang di tempuh kurang lebih 1 jam, uda di sambut sama pemandangan spektakuler dari atas. Dalam hati "dari atas aja uda bagus gini apalagi nanti disana ya aduh aduh deg-degan"
Kita booking buat diving course sama hotel 2 minggu sebelum keberangkatan, yang bikin panik sih pas booking hotel, full semua. Jadi untuk amannya pas kita sampe, akhirnya kita pesen tuh 1 hotel yang mahal (hmmm itungan nya 350.000 perhari uda mahal banget sih buat kita), sisanya kita mau nyari sendiri pas uda nyampe disana. Ya pokoknya asal ada tempat tidur yang enak & nyaman dan VOILA pemandangan dari kamarnya kayak gini aja lho .. iri gak sih ??? 
eits jangan iri dulu, nyampe sana BT nya luar biasa karna ga sempet nyari tau juga ternyata disana cuma ada signal telkomsel dan jarang wi-fi, sial mau pamer di instagram ala ala anak zaman skrg ga bisa, mau whatsapp pacar yang jauh disana ga bisa juga, mau ngabarin orang tua apalagi ga bisa dan yang paling parah ga bisa update path arrive in labuan bajo (SIAL PADAHAL INI LEBIH COOL DARI ARRIVE DI PARIS) arrrghhh besok-besok yang mau ke flores pake kartu simpati dulu deh.
Sampe disana sama sarah kita di jemput orang hotel, dan baru tau kalau bandara nya free style banget, bisa dijemput tepat di bawah tangga turun dari pesawatnya haha syok banget liatnya. Sampai di Labuan Bajo kita langsung menuju dive komodo buat ngasi tau kalau kita uda dateng, dan nyoba segala macam peralatan diving buat 4 hari kedepan. CUSS dan ternyata dive master nya bule aja gitu, oke sip berarti musti cas cis cus bahasa inggris selama disini, heyaaaa negara kita yang ngajarin diving nya bule.
Nah abis nyobain segala macam dive gear kita bayar uang muka dan dikasi tuh buku yang harus kita pelajari, uda ketawa-ketawa aja nih sama sarah hawa hawa dikasi PR, dan ternyata bener baru aja bayar uang muka, buka buka buku dibilang ia kalian besok diving nya mempelajari navigasi dan apa gitu lupa, tolong di baca bagian itu dan kerjain ya pertanyaan setiap bagiannya. HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA sial baru nyampe ya semangat banget kan jadinya, makan siang minjem bolpen ke pelayan di restaurant, makan siang sambil ngerjain deh itu PR nya.
mulai hari pertama kelas, kelasnya kayak gini nih .. di alam terbuka, PR yang kita jawab  kita bahas sama sama di perjalanan di kapal ini menuju ke dive spot jadi sebelum nyemplung dibahas tuh yang kita uda jawab sama nanya-nanya kalau ada yang ga kita ngerti, seru banget kan ?? 
hari ke-2 kita pindah ke hotel yang lebih merakyat dan murah, karna pake kipas angin jadi harganya 150 perkamar, 75 ribu deh satu orang lumayan kan, kerjaan kita seharian dilaut nyampe hotel capek tinggal tidur, besoknya bangun pagi - diving sampe sore - blek tidur lagi, gitu aja sih siklusnya selama disana, eits tapi sebelum tidur musti nyicil bikin portfolio denk :'(
Selesai diving di review tuh tadi selama di dalem air kita gimana, pelajaran yang paling aku suka tuh navigation, awalnya susah, ternyata seru juga dan sampe kita musti ngitungin brp kali kita kick fin whoooooaaaaa ga bisa diceritain pengalaman kayak gini pasti ngalor ngidul, mendingan ikutin nyicipin
Ambil kelas underwater photography juga, bahagia nya bukan main setiap diving ketemu HIU dan penyu , sampe bosen liat HIU dan penyu , yang paling paling paling bahagia sih pas bisa liat lumba-lumba pas diving, sekali seumur hidup baru liat ginian lho. seru banget lebih dari 3 lumba-lumba di depan mata berenang bahagia banget kayak senyum senyum gitu mukanya, astaga nangis sih kalau bisa. Sayang hari kedua sarah sakit flu dan demam, dan akhirnya ga bisa lanjutin diving coursenya. Yah ga ada dive buddy yang biasanya selalu barengan, sekarang musti sendirian, ngerjain PR nya sendirian ditanya-tanya sendirian ga bisa sok-sok ketawa ga tau jawabannya. haha
Gak bener-bener sendiri sih, karna di kapal banyak temennya, banyak juga orang-orang yang diving tapi beda-beda, ada yang cuma fun dive ada yang open water course, dan cuma aku sama sarah yang lagi advance course, jadi pas sarah sakit aku sendirian deh ga ada temen kecuali elitza (dive masternya)
INI GILA INI GILA, sarah yang lagi sakit nunggu dikapal berhasil mengcapture ini, gila ini jadi foto andalan, merasa bersalah karna temen seperjuangan dunia bawah laut ga bisa ikut lompat kesini, ngerasain berenang ditempat ini kayaknya uh bahagia bahagia sebahagia bahagianya orang bahagia, sampe lupa kalau ke labuan bajo bawa laptop niat nya ngerjain portfolio buat magang. 
selesai diving terus trekking ke pulau rinca liat komodo, hidup macam apa tuh ? enak banget !
ASTAGA UNTUNG GAK KENAPA-KENAPA, hawa-hawa ga enak abis selesai diving perut mules, dalem hati wah kacau tanda-tanda datang bulan dan bener kan BREEEETTT di kapal perjalanan selesai diving menuju pulau rinca SI BULAN DATENG, sial !!! kapan lagi liat komodo disini, uda jauh juah demi ini ya masak ga liat, uda nekat aja deh. mau bulan kek matahari kek dateng pokoknya liat komodo di alamnya langsung. HARUS .. dan ga curhat juga lagi dateng bulan ke guide nya karna takut ga boleh ikut, selama trekking selalu minta ditengah2 biar kalau dikejer yang blakang duluan di caplok komodonya (HAHAHA), tapi ya ternyata sampe detik ini baik baik aja gak kenapa-kenapa. Mungkin komodonya males atau sebenernya komodo baik cuma orang pada LEBAY !
Selesai juga 4 hari kelas diving, sekarang saatnya island hopping bareng sarah yang uda rada sembuh, snorkeling dan foto foto sih yang penting, hahaha ga perlu berjemur juga uda pasti item. Tujuan pertama PULAU KANAWA, bayangin dengan 400.000 rupiah dibagi dua kita bisa ngeliat 3 pulau indah dalam sehari. private boat lho dan full service di sediaan guide dan teh gratis selama diperjalanan.
Pulau Kanawa bagusnya uda ga bisa diungkapkan dengan kata-kata, bayangin beribu-ribu bintang laut disini, anak hiu berenang seenaknya aja tanpa takut digangguin, air laut yang bening banget, terik matahari dan angin sepoi-sepoi, uda makin males pulang, makin males bikin portfolionya.
 
Pulau seraya, awalnya kita mau nginep disini nih tapi ga sempet, karna minimum stay disini 3 hari, ya mana ada waktunya .. jadi cukup berkunjung aja uda seneng kok, dan baru tau kalau disini ga ada listrik, wah asli ga bisa deh kayaknya. listrik aja ga ada air susah apalagi signal. HAHAHAHAHAHA, pulau terakhir pulau bidadari, hmmm ga terlalu suka karna rame dan biasanya. jadi intinya FLORES itu indah PULAU KOMODO itu ga ada komodonya yang ada di PULAU RINCA dan LABUAN BAJO itu biasa aja. jadi harus balik lagi ke FLORES karna masih ada ende, maumere dan banyak tempat lagi yang mau dikunjungi,  HARUS BALIK LAGI :)

9 comments:

  1. hai samantha,
    i like ur blog ur personality as well.
    keep up the spirit.

    cheers for life :)

    ReplyDelete
  2. halo! bagus banget sih flores :') kamu pake kamera apa ya kalo boleh tau? thank you

    ReplyDelete
  3. cuman bisa mangap-mangap liat fotonya..

    ReplyDelete
  4. salam buat samantha :) aku udah lama lho follow blognya kamu, soalnya seneng baca blog km yang nyeleneh tapi berisi :D
    egila, enak banget jalan2 terus >_< postingan ini aja udah 2x aku bacanya, sambil mempelajari rute2nya kali2 bisa ke LBJ tahun depan amin *padahal lumayan deket sama aku yg tinggal dibali >_<

    mau ngasih saran juga kalo bisa nama hotelnya ditulis juga biar bisa direkomen ke pembaca, hihi *bawel

    okelah, sukses terus buat km ya sam :)
    God Bless u

    xx
    @chieliciouz



    ReplyDelete
  5. hai @chieliciouz, thanks masukan nya yah, nanti kedepannya kalau nulis lebih di detailin (ga bercanda mulu).
    postingan ini emang bikin ngiler, aku aja sampe pengen lagi, menurut aku indah banget pulau komodo.
    wah di bali, ia uda deket banget tinggal nyari pesawat murah kesana cuma 1 jam 20 menitan naik pesawat uda bisa ketemu komodo deh, good luck juga tripnya ..

    oh ya hotel selama di labuan bajo kemarin itu di CF komod hotel (agak mahal 350.000 pake AC dan view nya bagus banget, tapi sayang agak jauh dari pusat keramaian dan ojeg) hehe, makanya akhirnya kita pindah ke gardenia (125.000 tanpa AC) yang gardenia lokasi deket sama tempat makan, ada angkot ada ojeg, RAME :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wihiii asiiik.. worth ed to be noted. terus berpetualang ya sam, abis itu bagi2 di blog, biar aku bisa mengikuti jejakmu :p

      Delete