10 Feb 2013

Bromo, Jawa Timur

Dari Jogja ke Malang naik kereta Berangkat Malem sekitar jam 9 nyampe Malang sekitar jam 5 subuh.
Sampe di Malang kita harus menuju terminal bus untuk lanjutin perjalanan ke probolinggo, nah karna cap cip cup pergi tapi blm dapet info yang memuaskan kita asal pergi aja ke malang pokoknya sisanya cari tau sendiri pas uda sampe.

Clingak-Clinguk di stasiun malang nyari tau gimana caranya ke terminal sambil ngacangin tukang taksi & ojeg yang ga santai nawarain mau dianter kemana. WAHHHHHH untung di Indonesia walaupun semuanya ga jelas tapi selalu ada petugas yang uda jaga jam 5 pagi. Ibu-ibu yang jaga loket sasaran tanya kita, "nanya kalau ke terminal naik apa" yaa kalau deket kan bisa jalan, kalau agak jauh naik angkot, kalau terpaksa baru naik taxi.

Pertanyaannya kenapa ga tanya langsung ke tukang angkotnya aja ? KALAU DI BOONGIN GIMANA ? uda paling aman dapet info dari ibu-ibu penjaga loket yang suruh kita naik angkot warna hijau dan bayar 2.000 (versi ibu-ibu) toh kenyataan disuruh bayar 5.000 sama supirnya dengan alesan penumpangnya cuma kita berdua dan ini masih pagi (yaaa itung-itung ongkos dia nganterin kita ke terminal deh) baru sampe terminal ceritanya masih jauh bromonya sabar dulu ....

oke sekarang masih di seputaran terminal bus di malang ceritanya, nunggu bus AKAS (yang pake ac alami) harganya 12.000 ngebawa kita sampe di probolinggo, MASIH PROBOLINGGO belum sampe BROMO lho. Di probolinggo ini yang mulai susah transport menuju cemoro lawang (bromo) pilihan satu-satunya naik BISON sejenis L300 yang harganya 250.000, untung-untungan kalau banyak yang kesana 250.000 bisa dibagi 8-10 orang tapi kalau sial bayar 250.000. Sampe cemoro lawang belum bisa leyeh-leyeh juga ternyata karna harus nyari tempat tinggal dulu yang murah, nemu yang 150.000 permalem HORE !!! lempar ransel terus tidur siang, perjalanan panjang dari Jogja - Malang -Probolinggo - Bromo kebayangkan.
Bangun tidur kuterus naik kuda ke Puncak Bromo, uang lagi uang lagi 100.000 pp, karna bisa aja 50.000 sekali jalan, siapa tau pulang mau jalan kaki. Bagus banget view selama naik kuda ditengah padang pasir yang sepi banget, belum pernah ngerasain pemandangan kayak gini soalnya.
Naik gunung tercentil, 30 menit juga sampe karna uda ada tangganya hahahaha pake sendal jepit karna sepatu basah keujanan 
Hasil bangun jam 4 pagi demi liat sunrise di penanjakan bromo wadow viewnya luar biasa ... berasa diatas awan, padahal itu kabut sih, ngebayangin kemarin sore kan naik kuda lewat bawah sana sekarang bisa ketutup kabut tebel gini.

Hari sebelumnya kita uda booking jeep buat anterin kita keliling-keliling dari liat sunrise di penanjakan, pasir berbisik dan bukit teletubbies(ngeselin deh namanya tapi uda populer itu namanya) kalau sebut bukit savana pasti pada akhirnya "ooooo bukit teletubbies"
Bagus banget kan kan kan ? ya new zealand KW lah, belum bisa ke new zealand kesini aja dulu 
Pasir Berbisik uyeahhhh, uda selesai deh kunjungan ke bromonya. 

Jeep seharga 350.000 yang lagi-lagi lebih enak kalau bareng 5 orang temen jadi bisa bagi 5 (karna max 5 penumpang). Perjalanan pulang ke probolinggo naik bison lagi, ga lupa makan nasi pecel yang enak sebelum lanjut naik bus ke surabaya. 

No comments:

Post a Comment