5 Sep 2011

euro trip

kalau boleh jujur rencana euro trip ini emang uda diimpiin dari SMP
tapi hanya sekedar impian ga lebih dari itu.
Tahun 2008 ke sydney buat acara world youth day
dan ternyata di umumin kalau world youth day 2011 bakalan diadain di madrid, spanyol.
nah mulai saat itu baru serius mikirin euro tripnya.
mikir gimana caranya biar bisa ke madrid, tapi kalau uda bisa ke madrid sayang banget kalau ga ke negara lain, jarak tempuhnya juga berdekatan kan ?
jalan 2 tahun cuma sebatas ngelist negara yang paling mau dikunjungi dan nabung.
ya singkat cerita 2011 datang dan uda mulai sibuk nyari tiket murah ke eropa
dan datanglah hari itu 2 april 2011 ada travel fair di senayang cuss langsung beli tiket
tiket di tangan belum tentu 100 % pergi karna masih harus urus visa dan euro tripnya.
visa pun di urus karna keberangkatan july 2011, karena tujuan pertama amsterdam
jadi visa schengen di apply di kedutaan belanda. apesnya ga tau kalau kedutaan belanda
pake online appointment dulu sebelum penyerahan dokumen.
cihuy deh pokoknya baru dapet buat tanggal 20 juni berangkat 12 july di cukup2in
dan akhirnya cukup (benernya ada drama dibalik ini tapi ribet banget ceritanya).
intinya sih kalau mau apply visa ya visa tourist aja deh ga usah visiting family
karena kasian sama keluarga/kerabat di luar, ribet ngurusin surat-suratnya.
kecuali emang mereka mau diribetin & kalian tega ngeribetin mereka.

tibalah hari dimana visa sudah ditangan, multiple visit dan berlaku 3 bulan
lumayan besok bisa balik (tapi ga mungkin ya karna uangnya ga ada)
bawaan pun hanya backpack 75 + 15 liter (bagasi) + 1 backpack kecil yang di kabin
total bagasi awal 16 kilo, ternyata pulang dari eropa beranak jadi 20 kilo.
awalnya direncanakan 46 hari di eropa ternyata di extend 4 hari jadilah 50 hari di eropa.
amsterdam jadi negara pertama & terakhir yang dikunjungi, karena tiket pesawat pp
berawal & berakhir disana, menggunakan garuda indonesia (kebanggaan).
jadi ya pesawat dimulai dari : bali - jakarta - dubai dan akhirnya amsterdam
total perjalanan 17 jam, transit di dubai 1 jam.

di blog ini nanti bakal di ceritain per-negara, rutenya yang uda aku kasi tau dibawah
jadi ada pengulangan kunjungan di paris & barcelona (asiknyaaaa)
HIGHLIGHTS dari euro trip ini : 6 perjalanan menggunakan kereta, 11 perjalanan
menggunakan pesawat, 2 perjalanan menggunakan bus, 1 perjalanan menggunakan ferry.
banyak pakai pesawat (low cost airlines) karena memang harganya lebih murah
daripada kereta dan juga lebih cepat. ternyata ada satu kejadian di milan
dimana saya dan saudara saya ketinggalan pesawat ke roma dan harus
nunggu 12 jam di bandara milan (malpensa) sampai penerbangan selanjutnya.
pengalaman tidur di airport & train station juga di dapet dari euro trip ini.
dan juga pengalaman berdiri 6 jam di kereta karena beli tiket kereta (antar italy)
yang murah, jadi bisa duduk kalau kereta kosong tapi harus berdiri kalau kereta rame.
yaaww kita mulai aja ceritanya dari negara kincir angin, belanda.

5 comments:

  1. menarik, smg jadi info yg bermanfaat. thx :)

    ReplyDelete
  2. thanks infonya...kami juga punya buku "Eurotrip Safe and Fun". jika berminat, kunjungi situs www.kafebuku.com
    terima kasih...

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Hai. Kalo mau mulai euro trip ada yg lebih enak ga buat mulainya selain amsterdam? Makasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipilih aja dari Negara yang sediain akses yang banyak dan yang living cost nya murah, Paris (tapi ga murah sama sekali) hehe atau di hamburg/frankfurt di jerman :)

      Delete