14 Oct 2011

Madrid, Spain

Dari paris ke madrid kita naik pesawat (tiada lain tiada bukan) VUELING. di madrid ini kita menetap paling lama 7 hari 6 malem untuk acara world youth day, tahun 2008 kita juga ikutan acara ini yang di adakan di sydney, dan 2013 acara ini bakal di adain di rio de janeiro. cuplikan foto dan kegiatan saya dan temen-temen dari bali di world youth day madrid.
karena acara ini di hadiri oleh anak muda katolik sedunia, bendera menjadi salah satu identitas juga, kemana-mana bawa bendera & itu seru banget, di belakang itu uda rame banget antrian masuk museum "1000 wajah tuhan yesus". Acara world youth day ini kita daftar online bisa group atau perorangan, kalau pergroup kita bakal di tempatin di sekolah-sekolah atau di ruang olahraga jadi selama 7 hari itu kita tinggal & tidur barengan orang-orang dari berbagai macam benua, kalau daftar perorangan kita bakalan di tempatin di host parents. Acaranya mulai dari misa pembukaan, katekesis setiap harinya, jalan salib, dan acara kegerejaan lainnya. Pas kita daftar itu kita bayar uang administrasi sekitar 1,6 juta (selama 7 hari disana kita gratis makan pagi, siang sore dengan cara mencari restaurant yang ada sticker world youth day nya, akomodasi selama 7 hari gratis dan juga transportasi selama 7 hari gratis). Dari segi konsumsi world youth day madrid lebih bagus dari world youth day di sydney, kalau di sydney kita makannya uda di paketin ga bisa milih, di bagiin gitu tiap hari di tempat-tempat yang di tentukan, kalau di madrid kita berpetualang mencari restaurant yang ada sticker world youth day nya. Untuk urusan akomodasi kita juga beruntung karena dapet di gymnastic room di sport center bareng sama beberapa anak muda katolik malaysia, africa selatan, nevada USA, dan perancis.
misa pembukaan, seru kan bendera-bendera nya menunjukan dari mana kita berasal, kalau nemu bendera indonesia lain-nya pasti langsung heboh :)
bram, saya dan rain selalu berpencar dari group dan punya dunia tersendiri, waktu world youth day sydney kita kompak banget kemana-mana segroup selalu bersama, karna kali ini banyak ga saling kenal jadi lebih milih untuk mencar-mencar.
suhu di madrid sangat itu memang luar biasa panas (40-41 derajat celcius), lucu aja liatnya orang-orang kepanasan dan nyebur ke air mancur di tengah taman.
tidur ber-alaskan sleeping bag, selama 7 hari di madrid.
saking panasnya, saking hausnya, harus jalan kaki berkilo-kilo meter akhirnya kita berenti di gas stasion dan entah ini air apaan, kita minum aja dari pada mati kehausan.
(MCD nya antri banget)
menunggu misa penutupan yang di pimpin oleh pope benedict XVI, pengorbanan pilgrim yang amat luar biasa dari seluruh penjuru dunia rela panas-panasan kayak ini demi terlibat dari di acara ini.
ladang tandus, ga ada pohon secuilpun, hanya pemadam kebakaran yang bisa menyelamatkan kita semua dari panas ini. disiram air pemadam kebakaran ga usah nunggu 1 menit uda kering lagi, PANASSS CUYYYYY
Dapet undangan untuk duduk di depan "Close to Holy Father" untuk misa penutupan, tetep aja close-nya ga bisa liat jelas juga wajah pope benedicto, tapi uda bersyukur karena di tempat group saya panggung nya aja ga keliatan. hahaha
ternyata ada pesta perpisahan acara world youth day juga, jadi diadain lah pertandingan sepakbola di vicente calderon (stadion nya atletico madrid) : Espanyol vs Team world youth day, ada kejadian kocak pas nonton bola ini, cewek filipina di depan saya nonton uda pake jersey spanyol lengkap banget dengan nomer punggung 1 = casillas, dengan hebohnya dia teriak teriak casilassss, abis teriak dia ngedumel sama temenya omg omg casillas !! take me a picture right now, omg he's looking at me. Aku, rain sama bram cuma bisa ketawa penuh dosa dalem hati kita berpikir ini cewe suka sama casillas benernya tau ga sih muka casillas kayak gimana, karna JELAS JELAS SEMUA PEMAIN SPANYOL YANG MAIN ITU PEMAIN LAPIS ENTAH BERANTAH, GA ADA YANG TERKENAL. (turut sedih)
dunia kacau, nonton bola depannya cewe macem gini !!
tapi terima kasih lho uda aku masukin di blog soalnya kamu lucu :) tapi karma itu cepet banget datengnya, ngatain cewe ini sampe ketawa sakit perut pulang nonton bola saking malemnya, eh subuh saya uda di kunci ga bisa masuk ke sport center tempat saya tinggal, mana kebelet pipis lagi, akhirnya saya pipis di taman ( YA AMPUN PERLU GA INI DICERITAIN HAHAHA) bangga lho bisa pipis di taman, di MADRID lagi. Waktu kejadian ini kita bertiga dan itu uda jam 2 pagi hp kita pun mati semua karna emang susah banget ngecharge selama di madrid. akhirnya kita tiduran di taman tempat main anak-anak, malem itu dingin banget dan kita bertiga uda pasrah nunggu jam 6 sampe gerbang sport center dibuka lagi. Ternyata pasrahnya ga lama-lama, kita tau kalau deket sports center itu ada sekolah yang jadi akomodasi pilgrim juga, akhirnya kita ikutan beberapa pilgrim yang kayaknya abis nonton bola juga, nah sampe di gerbang sekolah kita ditanyain sama penjaga, karna emang ga sembarang orang bisa masuk kesana, kita cerita deh sama penjaganya kalau kita itu tinggal di sport center terus kita nonton bola tapi lupa bilang pulang malem jadi di kunci, eh akhirnya kita di-izinin buat bermalam di sekolah itu HALLELUJAH !! ga jadi tidur di taman bermain anak-anak.
ga lupa buat tour santiago bernabeau juga, dengan harga 16 euro :)
17 agustus, upacara penurunan bendera di rumah duta besar indonesia di madrid, TEH BOTOL, BAKMI, NASI RAMES, BUBUR SUM SUM. akhirnya makanan indonesia yang enak. Beruntung kita dapet undangan pas penurunan bendera jadi pas waktunya sama buka puasa.
yang paling favorite, foto sama pilgrim-pilgrim dari negara-negara lain & free hugs :)
semoga bisa ikutan lagi di world youth day 2013 di rio de janeiro, brazil.

PS : wifi gratis di madrid itu ternyata ada nya di dalam bus, jadi sempet suatu saat kita kepanasan dan capek banget, kita putuskan untuk naik bus entah kemana dan wifian sepuasnya HAHAHA

10 comments:

  1. halo Samantha..
    saya suka dengan artikel ini. kebetula saya juga punya minat untuk ikut WYD suatu saat nanti. semoga sih di Rio :)
    yang ingin saya tanyakan, apa benar itu biaya untuk ikut WYD ke Madrid kemaren cuma 1,6 juta? (murah bgt)
    soalnya setahu saya di atas 10 juta, atau itu adalah biaya yang lain?
    sekian pertanyaan dari saya Samantha. :)

    ReplyDelete
  2. wah ia 2 tahun lagi WYD di rio de janeiro.
    biaya 1,6 juta itu biaya administrasi yang kita bayar via internet, kalau yang kamu tahu 10 juta itu pasti include tiket pesawat kesana, soalnya group saya yang dari bali juga bayar lebih dari 10 juta(an) karna include tiket pesawat dan tour ke beberapa tempat seperti lourdes, vatican dan roma.
    kalau saya kan tiket pesawat dan lain-lain urus sendiri jadi saya cuma bayar biaya administrasi WYD sebesar 1,6.

    ReplyDelete
  3. Hai Samantha, mau tny donk, taon depan bakal ikut WYD di Rio? pengen ikut tp kyk nya big cost T_T

    ReplyDelete
  4. hai ven, kayaknya 2013 ga ikut WYD rio deh, terlalu deket jadwalnya. hahaha blm ada uang, mumgkin world cup 2014 hahaha

    ReplyDelete
  5. hi.. biaya untuk wtd 2013 kira2 brapa ya?

    ReplyDelete
  6. kira2 bwyd 2013 brapa ya biayanya

    ReplyDelete
  7. Lg browsing tentang WYD 2016 Krakow sampai di blog ini. Seneng rasanya ketemu juga orang Indonesia yg punya cerita tentang WYD. Btw, Krakow 2016 km ikut gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih ikutan yg di krakow ? aku skip juga hehe .. mungkin yang selanjutnya

      Delete
    2. iya rencananya aku mau ikut, makanya coba cari infonya :) tapi orang Indonesia yang ikut rata2 group sedangkan aku mungkin sendirian soalnya aku mau sekolah di Budapest semester depan, jadi gak mungkin buat ikut OMK Indonesia. Mungkin kakak punya info atau cerita tentang yg ikut WYD sendirian? terima kasih banyak kak

      Delete
    3. waktu itu pernah ketemu orang indonesia yang ikut WYD sendirian (ga pake group) nah tapi ga tau juga itu gimana caranya. mungkin pas daftar via websitenya deh, karena waktu aku ikut itu gereja yang urus hehe

      Delete