23 Mar 2012

Siem Reap, Cambodia (part 2)

Petualangan di Cambodia bener-bener dimulai hari ini. Karna sama sekali ga mau bangun pagi demi sunrise di angkor watt kita jadi santai bangun jam 8 pagi terus breakfast baru berangkat menjelajahi angkor watt. Sewa tuk-tuk 15 dollar buat satu hari, tujuan pertama adalah :

BAKHENG :salah satu titik tertinggi di kawasan angkor watt, lumayan capek naik bukit berdebu yang makan waktu sekitar 20 menit. Bakheng juga merupakan spot yang ramai dikunjungi untuk liat sunrise/sunset. jangan lupa bawa minum yang banyak saat mengunjungi angkor watt saking gedenya tempat ini muter muter bisa tersesat dan kehausan (berdasarkan pengalaman aku sama mama selama keliling angkor watt kita uda ngabisin lebih dari 6 botol aqua)
sampai di puncak, bisa liat balon udara dan angkor watt dari ketinggian, kalau di maps nya bakheng juga merupakan start nya elephant tour, sayang harganya 20 dollar. meskipun traveling bareng mama hal gini harusnya ga pake mikir, tapi musti mikir dua kali karna mama gak mau naik gajah (ya masak gajak naik gajah ups) dan panasnya juga bikin males, mungkin lain kali kalau bisa balik lagi ke siem reap elephant tour pas sunset :)
sebebas ini gajahnya bisa jalan di jalan raya, seru banget, sampe teriak teriak sendiri di tuk tuk. rada nyesel sampe skrg kenapa ga elephant tour kenapa ? kenapa ?
BAYON : kuil seratus wajah raja, kurang lebih 200an wajah raja terdapat disini menghiasi puncak kuil ini, tuk tuk berhenti pas di depan bayon.
kita uda begong liat indahnya bebatuan yang terdapat di depan bayon.
" astaga mama ini bagus banget " ga pernah berhenti bilang kata itu. tapi emang bener angkor watt bikin ga bisa berkata-kata lagi. Dibandingkan Bakheng, bayon jauh lebih indah, ini bener-bener bisa buat orang lupa waktu, saking serunya berpetualang mengintari bayon.
Ga tau kenapa sampai detik ini ga pernah tertarik untuk nyewa tour guide buat ngejelasin seluk beluknya suatu tempat sejarah, kalau mau yang gratis tapi ngeselin ya nguping pembicaraan tour guide trus kalau uda mulai membosankan langsung kabur. Daripada harus barengan terus sama tour guide trus yang diomongin ngebosenin tapi musti senyum dan ngangguk-ngangguk sok ngerti. HAHA
gak penting tapi penting satu kebiasaan aneh tapi gak terlalu aneh juga, selalu ngebayangin outfit yang bakalan di pakai ke suatu tempat, rela pake sepatu boots ke angkor watt karna biar temanya kayak di film tomb rider (berhubung shootingnya juga disini) obodo mau diliatin orang2 kek (emang ia diliatin) yang penting gaya nomer 1.
Pas transit di malaysia sempet sedikit shopping dan nemu rok ini yang waktu liat bilang gini ke mama " ma ini bagus banget di pake pas ke angkor watt uhh kena angin angin gitu pasti bagus " TARAAAAAA ini hasilnya
Tuk tuk driver yang super baik, penyelamat hidup di saat tersesat. aduhh mungkin ada sedikit telepati entah kenapa dia bisa nyamperin kita padahal kita tersesat entah dibagian mana nya bayon. Sebagai hadiahnya akhirnya kita sempet minum coca cola bareng dan ngobrol-ngorbol, kefasihan bahasa inggris orang kamboja ga usah di ragukan lagi. Bocah SD yang jualan post card/aqua di sekitar angkor watt aja uda fasih bahasa inggris.
ngelewatin jalan disini sambil dengerin playlist yang chill sambil makan buah segar
MAU BALIK LAGI DONG. setelah dari bayon kita ke terrace of elephants dulunya itu tempat raja nonton pertarungan gajah. selama perjalanan tuk tuk kita dari terrace of elephants menuju Ta Phrom kita ngelewatin banaak candi candi, betapa luas dan banyaknya candi di kawasan angkor watt ini. serius 3 hari ga cukup buat ngunjungin semua tempat di angkor watt.
Tempat terakhir Ta Phrom, masuk menuju kawasan ini kita di sambut sama sekumpulan orang yang memaikan alat musik tradisional yang kalau di denger nadanya sedih banget, tapi yaa jadi kerasa kalau ini lagi di kamboja. Ta Phrom lokasi ini bener bener terkenal karena tempat ini adalah tempat shooting film tomb rider. Paling berbeda dengan bangunan bangunan candi yang sebelumnya aku kunjungi, Ta Phrom bisa di bilang paling rusak dan paling ancur, tapi tetep paling favorite karena pohon besar dan akar merambat yang jadi khasnya Ta Phrom.
Saking ramenya turis susah banget buat foto(butuh keberanian lebih buat bergaya kaya foto diatas, yauda sih ga kenal sama semua orang juga kan) INGET GAYA NOMER 1, pasti ada aja yang mondar mandir di depan kamera, atau ikut nimbrung di sebelah. ya intinya angkor watt indah dan musti balik lagi kesana, kalau bisa balik lagi tapi backpacker hardcore style yang ke angkor watt versi hardcore karna naik sepeda sendiri dari kota. ( ga sewa tuk tuk maksudnya )

No comments:

Post a Comment