14 Mar 2013

Manchester, United Kingdom

Terharu di tanggal 26 oktober 2012 karna itu tanggal kita beli tiket manchester united vs newcastle buat nonton langsung di OLD TRAFFORD.
Harap-harap cemas karena ragu antara beli tiket nonton duluan atau nunggu visa di approve. Sebelumnya selalu galau, setiap hari ngecheck website manutd.com masih ada ga yaaa tiketnya, sampe akhirnya berani beli tiket nonton duluan daripada nunggu visa UK keluar. 
Beli tiketnya juga pake perjuangan, ga segampang buka website dan klik-klik doang, awalnya nanya temen yang uda pernah nonton bola di inggris jawabannya dari yang beli aja disana sampe dikasi website yang ga official (semacam calo-calo tiket online) ga puas sama jawaban itu, kepoin akun twitter United Indonesia, cari tweet yang pernah live update langsung dari old trafford dan tanya langsung ke dia cara beli tiket, lagi-lagi jawabannya kurang memuaskan.
Karna uda banyak masukan kanan kiri oke  tapi belum puas, akhirnya email-emailan sama bagian ticket manutd yang official dan nanya gimana cara pembelian tiket match nya, waktu itu liga inggris belum mulai jadi dia bilang tunggu 3 minggu sebelum match yang mau kamu tonton, baru beli tiketnya, tapi itu juga kamu harus daftar member online + bayar 30 pound buat jadi member, awalnya tergiur buat daftar member + beli tiket yang ini aja karena terbilang jauh lebih murah dari harga yang ada di website calo-calo itu, tapi baru tau duduknya dimana akhirnya rada kecewa dan email lagi orang ticketnya nanya kalau ticket VIP gimana ? ternyata dia bilang kalau yang VIP itu kamu ga usah jadi member tinggal beli dan dilayanin bak raja dan ratu (ga gitu sih balesan emailnya dia) tapi itu yang aku bayangkan pas liat VIP facilities apa aja dan VIEW nya spektakuler, deket sama rumput, OKE AKHIRNYA BELI TIKET VIP YANG PALING MAHAL(sorry harus sombong kali ini), EUROPE SUITE dan itu semua WORTH TO PAY
ini penampakan tiketnya yang kayaknya mau dikasi frame bentar lagi
Perjalanan ke Manchester dari London ga segampang itu ternyata, Dari cerita sebelumnya di London kalau pas natal sama sekali ga ada public transportation.
Nah kita yang uda di London kebingungan gimana caranya nyampe ke Manchester tanggal 26, padahal kereta sama bus ga beroperasi, Ada sih Bus yang beroperasi dari London tapi baru sampai di Manchester jam 1 Siang, sedangkan match yang mau kita nonton mulai jam 3 + menurut email kita sebagai tamu VIP dateng jam 12, karena banyak serentetan acara + makan-makan dulu sebelum match. Jadinya dengan terpaksa kita beli tiket pesawat London - Manchester.
Ninggalin semua barang di Hostel dan mau gak mau kita harus ke Airport Heathrow naik taxi buat kejar pesawat jam 7:15 pagi, karna ga bakalan ada tube kesana sepagi itu pas lagi boxing day. Hari itu 26 december 2012 berasa jadi boss dalam sehari, ngerasain naik taxi di london yang akhirnya bayar 70 pound, check in british airways tanpa bawa bagasi, pokoknya berasa ringan hidup ini
..... EH ternyata hidup ga seringan yang dibayangan, pesawat ke manchester pagi itu maskapai british airways banyak yang terbang ke manchester di jam yang sama, kita yang ga jeli liat kode pesawat salah masuk gate (pas lagi di scan tiket kita dibilang oh maaf salah gate) MATI LAH INI UDA JAM NYA BOARDING PAKE SALAH MASUK GATE, (dalam hati kecil bye manchester) lari lari buat ke gate yang seharusnya dan ternyata JAUH BANGET mau pingsan mau pingsan, serius !!
TAPI AKHIRNYA GA KETINGGALAN PESAWAT DAN SAMPE DI MANCHESTER, ngeliat ini dari kejauhan ga nyangka aja wow OLD TRAFFORD di depan mata .. WOW .. 
waktu masih SMP kalau disuruh isi alamat di kertas file orang selalu nulis alamatnya Sir Mat Busby Way, Manchester M16 ORA sekarang uda didepan mata 
Oh indahnya oh indahnya, kita tamu VIP dapet free parking di daerah stadion, ya boro-boro parkir mobil lah ya, jadi sekarang tiket parkirnya jadi kenang-kenangan aja
Kalau ditilas balik foto pas di Old trafford ga sebanyak foto-foto pas ke Camp Nou atau Santiago Bernabeu lho, karna faktor syok ga percaya uda berdiri dibawah patung sir alex ferguson dan patung holy trinity manutd dan sibuk liat sekitar.
Munnich tunnel dan ternyata tamu VIP masuk dari bagian sini.
Biarpun tamu VIP masuknya juga agak sedikit antri, gara-gara sebelum masuk kita di check dulu : menurut email yang dikirim kita sebagai penonton VIP ga boleh pake jersey bola (sekalipun manchester united, ga boleh kasual, harus formal), gak boleh pake sepatu kets. Kirain ga seketat itu kalaupun ada yang ngelanggar karna kita tamu VIP, ternyata GAK !!! Satu orang thailand di tolak masuk karna pake sepatu kets, dia harus jalan keluar stadion buat cari toko yang jual sepatu formal baru bisa masuk.. 
lupa kirain di Indonesia hahahahaha

Hore berhasil masuk disambut dengan champagne dan ini menu buat kita, duduknya round table gitu, kenalan sama orang-orang di meja kita dan kayaknya kita orang paling muda yang ada di ruangan ini (yang tanpa orang tua lho ya) bocah sih banyak tapi sama mama & papanya. 
Tour buat liat stadion yang masih kosong dan masih dibersihin, ini dia pertama kali liat theatre of dreams dari dalem, HORE MIMPI JADI KENYATAAN
Tuh liat yang nonton semua gayanya uda kayak boss-boss, ini anak bocah nyangkut disini, sekarang kita antre nunggu giliran buat di foto sama official photographernya manutd dengan latar belakang sir alex ferguson stand. Selagi nunggu gak henti-hentinya foto sendiri.
Gak gratis, bayar 10 pound sekali jepret
Detik-detik menuju kick off, tebak score.
Fred The Red dan Squad Manchester United ku akhirnyaaaaaaaaaa, sebelumnya liat mereka pemanasan aja uda seneng sekarang hawanya beda, evra kapten malem itu yang keluar paling pertama, de gea, ferdinand, carrick, scholes, evans, valencia, giggs, chicarito, van persie, smalling.
Goal pertama yang aku liat bukan goal dari Manutd malah sebaliknya :'( 
Kalau kebobolan Sir Alex uda ga bisa duduk dan mukanya merah banget
Turun minum Manchester United masih ketinggalan dengan score 2-1 (bye predict score 2-0, ini aja uda 2-1). Kita masuk lagi ke ruangan europe suite buat makan dan minum. Kebanyakan orang-orang ga seceria sebelum kick off lebih kalem dan ga banyak omong.
Babak ke-2 Manutd mainnya bagus banget, pertandingan nya seru banget dan merasa beruntung nonton pas boxing day ini karna EMANG SERIUS SERU BANGET, LIAT PERJUANGAN SQUAD MANUTD INI sampe bisa menang 4-3. Kalau uda Goal rasanya itu kayak jantung ilang beberapa saat baru dibalikin lagi. Gemuruh satu stadion yang uda ga karuan, yang duduk berdiri dan loncat-loncat, peluk-pelukan, cium-ciuman, senyam senyum sama orang sebelah pokoknya bahagia.
WAH DOA TERKABUL : nonton langsung dan menang, tambahannya match ini seru banget dan sesudah pertandingan disamperin evra ke europe suite
Selesai pertandingan kita ke tempat pemain + istri/pacar keluar dan pulang naik mobil pribadinya, wah disini kali ya ajang buat liatin mobil + WAGs( wife and girlfriend) nya 
HAPPY HAPPY HAPPY DAY
Pulang ke London pake bus jam 12 malem berangkat dari manchester, tiket bus baru kita beli pas kita sampe di Manchester lho hehehehe. Astaga nunggunya di bus station uda sampe bosen ga tau mau ngapain, mana ketemu orang yang super aneh. Total perjalanan 7 jam, tapi kita sempet nunggu sebentar dan ganti bus di Birmingham, sampe di London musti cepet-cepet Packing & check out Hostel terus ngejer Bus ke Paris.

15 comments:

  1. Looks like a top day out. Also a great scoreline to witness!

    ReplyDelete
  2. tgl d sana apa di indonesia mbak ?

    dan brapa uang habis smua nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Tinggal di Indonesia. Uangnya habis semua :D ga deng ...
      ngabisin uang di manchester berapa gitu mksdnya ?

      Delete
  3. Semoga saya juga bisa nonton MU langsung di Old trafford kyak mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, pasti bisa dong kesana suatu saat, apalagi kamu james bond :D

      Delete
    2. Aminnn... Mbak, emangnya berapa total duit mbak habis untuk ke Manchester dan beli tiketnya? Apalagi VIP. :D

      Delete
    3. Wah ga tau total duit yang pastinya, soalnya tujuannya ga kesana aja, flight dari indonesia ke UK sendiri banyak pilihan kan, kalau beruntung ya dapet murah. Biasanya dari LONDON - MANCHESTER bisa naik bus/kereta/pesawat, karna kemarin lagi holiday season jadi pilihannya cuma naik pesawat (70 pound one way *harga high season*), tiket VIP nya sendiri 299 pound.

      Delete
  4. di november suhu dsana brp derajat celcius? tahun ini saya juga november mau ke UK.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wadow ga tau tuh suhunya, coba check via internet aja :) mau nonton manutd juga ?

      Delete
  5. Mbak mau tanya, berarti klo mau beli tiket yg bukan vip, lebih baik kita daftar member dulu ya? kalo datang langsung ke stadion tp belum punya tiket kira2 bs dpt tiket di tempat g ya? semacam calo gitu. thks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kalau menurut official website (manutd.com) kalau mau beli tiket di mereka harus jadi member dulu bayar sekitar 32 pound, diluar harga tiket ya. kalau yg VIP itu ga perlu jadi member, langsung beli via web bayar pake kartu kredit.
      Kalau langsung di stadionnya ga tau deh, waktu ini ga sempet liat calo-calo juga karna emang dateng langsung sibuk sama rangkaian acara VIP nya. tapi sempet nemu website ga official jual tiket2 bola gitu, cuma harganya lebih mahal. dicoba aja :)

      Delete
  6. Dek perjalanan dari indonesia ke london berapa harga tiketnya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu aku ga dari indonesia ke londonnya, jadi coba aja check via skyscanner.com :)

      Delete
  7. Foto sama de gea nya waktu ini juga ya? Itu setelah pertandingan atau ada acara fan meeting gitu?

    ReplyDelete
  8. Boleh minta email? Mau nanya2

    ReplyDelete