7 Oct 2013

17 Agustus Di Puncak Gunung Batur, Kintamani, Bali

17 Agustus tahun ini bakal kita rayain di atas puncak gunung batur

Ikut acara rutin KPA mandala giri SMA 1 Denpasar yaitu mendaki gunung batur setiap 17 agustus  (hahaha miris waktu SMA ga pernah ikut kegiantan ekstrakulikuler apapun, giliran uda lulus malah nimbrung)
Naik Truk ber ramai-ramai dari sekolah, sampai di daerah kintamani kira-kira jam 2 siang, sebelum kita mulai mendaki ke pos peristirahatan, kita makan bersama dulu, makan makanan yang sudah disediain sama anggota KPA. Lebih dari itu kita makan-makanan yang kita bawa sendiri, 1 kali makan malam & 1 kali makan pagi, dikira-kira aja apa yang harus dibawa, berhubung bawa badan aja uda berat pikir ulang kalau untuk bawa panci dan peralatan masak ala anak gunung lainnya.

Perlu diingat untuk tidak bawa makanan yang mengandung sapi kalau mendaki gunung batur

Sampai di pos peristirahatan, sotoy aja kasi nama pos 1 hahaha, Nyari spot paling deket sama api unggun karna takut kedinginan.
Sekalian nyari spot biar deket sama adek-adek kelas yang bawa banyak makanan. Prinsip bisa tidur dimana saja ternyata terbukti, baru 15 menit masuk sleeping bag uda bisa tidur dengan nyenyak, masalah pipis atau buang buang hal yang lain ya namanya juga di alam, enjoy aja ... cari semak-semak paling bersahabat.
Harusnya kita ber 8, tapi terpisah karena 4 temen lainnya kesorean dateng dan ga bisa nyusul :(

Tanggal 17 agustus ga cuma kita aja yang bakal mendaki, di pos pos lainnya pasti uda banyak orang yang bakal mendaki gunung batur ini, jam 4 pagi kita uda dibangunin untuk siap-siap ke puncak gunung.
Pake acara salah jalan dan harus balik lagi ke pos peristirahatan, terus nyari jalan yang bener, hahaha. Masih di perjalanan 4 temen uda telfon dan kasi kabar kalau mereka uda hampir sampe di puncak (Tenang signal XL & Telkomsel ada sampai di puncak gunung kok)

Oh jadi gini rasanya naik gunung pas 17 agustus, antre kayak mau belanja di outlet h&m pertama di indonesia
Sampai dipuncak ramenya bukan main, nyari tempat buat liat sunrise susahnya bukan main, dan karna ketemu 4 temen yang kepisah, kita jadi ketinggaln momen liat sunrise, hahahahahahaha sibuk ketawa-ketawa, ngebahas kejadian semalem ngapain aja dan foto-foto
Full team
Pemandangan bapak dan anak yang lagi baca teks proklamasi dan nyanyi indonesia raya, sweet sekali
Jalan nya cuma setapak, orangnya banyak banget, salah langkah bisa bahaya
Setelah jalan ngelilingin puncak sampailah kita di bagian terujung gunung lainnya, dan disini kita harus sedikit turun .. ini dia bagian paling menyebalkannya
Tadi kita uda angkat berat badan kita untuk sampai di puncak gunung, sekarang perlahan kita harus turun di medan yang licin dan berbatu, sambil nahan berat badan kita
 Kalau naik gunung batur jangan langsung turun gitu aja abis liat sunrise, jalan sampai ke ujung gunung baru turun, disitu malah pemandangan yang paling spektakuler menurut aku
Perpaduan warna biru, hijau, kuning, luar biasa, bener-bener ga bisa ngelupain hari ini sampai sekarang, rasa capek naik dan turun gunung ilang gitu aja, setelah inget-inget indahnya diatas sana
 Biarpun matahari uda menyengat banget tapi kita malah berdiam disini untuk nikmatin pemandangan dan ngabisin makanan ringan yang kita bawa
Kampung-kampung dari atas gunung, sama sekali ga kelihatan
 Setelah acara upacara 17 agustus selesai, kita akhirnya turun gunung. Selesai deh acara kita di gunung batur, treknya cocok buat pendaki pemula kayak kita ber 8, intinya badan harus fit dan jangan maksain kalau emang capek
Gunung batur dari kejauhan, PINK trek awal kita naik BIRU trek buat sampai di sisi lain gunung batur dan dari situ bakal nemu pemandangan yang luar biasa PUTIH trek pulang menuju pos kita bermalam
Dapet info dari temen kalau kita bisa kesini langsung dan cari pemandu on the spot *KALAU JODOH* haha, karna itungannya kalau ikut tour (dijemput dari denpasar/kuta) jatohnya mahal banget bayarnya.
Next time yang mau ke Bali jangan lupa cobain mendaki gunung batur, trus kelar mendaki paling enak mandi air panas di Toya Bungkah

1. bagus banget.. saya oktober cm sampai danau doank trus nginap di restoran apung.. mau naik ke puncak cm gak tau lewat mana...haha , lain kali mau ke situ lg

1. yah sayang banget, padahal uda deket sama pos awal mau mendaki itu. ke arah permandian air panas jalan nya.

2. bagus banget.. saya oktober cm sampai danau doank trus nginap di restoran apung.. mau naik ke puncak cm gak tau lewat mana...haha , lain kali mau ke situ lg